Tags

,


Merupakan metode pengukuran kinerja keuangan yang memfokuskan pada perhitungan kesejahteraan (keuntungan) yang berasal dari kegiatan operasional suatu perusahaan. Dapat juga diartikan sebagai laba/keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan biaya pembiayaan modal perusahaan yang lebih kecil.

Secara formula EVA dituliskan sebagai berikut:

EVA = NOPAT – Capital Charges

NOPAT adalah laba bersih operasi setelah pajak (Net Operating Profit After Tax) dan Capital Charges didapat dari perkalian modal dengan biaya modal (Capital x Cost of Capital).

Tidak seperti keuntungan dalam pengertian akuntansi seperti EBIT, Net Income atau EPS, keuntungan dengan perhitungan EVA lebih bersifat ekonomis dan idenya adalah bisnis harus memperhitungkan biaya operasi dan sekaligus biaya modal.

EVA dapat diaplikasikan per level divisi (anak perusahaan/SBU) dan dapat digunakan pula untuk menentukan tujuan organisasi, pengukuran kinerja, penentuan bonus, sarana komunikasi dengan pemegang saham dan investor, motivasi manajer, penganggaran permodalan, penilaian perusahaan, serta menganalisa efek ekuitas.

Advertisements