Tags

, , , , , , , , , , , , , ,


Pantai Parangtritis memang terkenal di kalangan wisatawan domestik karena keindahan pantai dan legenda yang menyertainya.  Pantai yang berlokasi di wilayah Kab. Bantul sekitar 27 km selatan Kota Jogja dan dapat dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi.

Banyak wisatawan yang sengaja datang sore hari, termasuk kami sekeluarga, untuk menyaksikan terbenamnya matahari. Namun jika Anda ingin menikmati lebih dari itu, maka tidak ada salahnya untuk datang lebih cepat. Pengunjung dapat menyusuri pantai menggunakan kuda atau bendi (kereta kuda), akan tetapi jika hanya ingin bermain-main dapat menggunakan ATV dengan sewa yang terjangkau.

Tebing Gembirawati merupakan salah satu tebing yang berada di balik pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala. Selain itu, terdapat juga Candi Gembirawati yang terletak di sebelah timur tebing. Berbeda dengan candi lainnya yang terletak di daerah pegunungan, Candi Gembirawati hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. Untuk menuju candi ini, kita bisa melewati jalan menanjak dekat Hotel Queen of the South lalu masuk ke jalan setapak ke arah barat sekitar 100 meter.

Selain sebagai obyek parisiwata, pantai ini juga digunakan oleh Keraton Jogja dan masyarakat untuk menggelar berbagai ritual yang terkait dengan legenda Ratu Kidul. Karena pantai ini dipercaya sebagai pintu masuk ke dalam kerajaan Ratu Kidul, maka beredar kabar bahwa terkadang Ratu Kidul mencari seseorang yang memakai pakaian warna hijau untuk dijadikan dayangnya. Oleh karena itu, di pantai ini terkenal dengan pantai tanpa wisatawan berpakaian warna hijau.

Karena keindahannya, pantai ini juga sering digunakan untuk lokasi pemotretan pre-wedding. Untuk keluarga juga tak kalah asyiknya, dengan sedikit usaha maka permainan layang-layang dapat menjadi menarik terutama untuk anak-anak. Angin yang bertiup cukup kencang akan membantu layang-layang naik.

Jika dirasa kepuasan bermain-main di pantai ini masih belum terpenuhi, pengunjung dapat mendatangi lokasi pantai lain di sekitar Parangtritis seperti Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, atau Pantai Samas.

Advertisements