Tags

, , , , , , , , ,


Bagi umat Islam, penentuan tanggal 1 Ramadhan dan 1 Syawal memang yang ditunggu-tunggu. Bukan untuk merayakan akan tetapi sebagai penentuan hari dimulainya dan berhentinya ibadah puasa.

Akan tetapi dalam penentuannya seringkali terdapat perbedaan karena berbeda pedoman. Ada yang berpedoman terhadap rukyatul hilal (penampakan bulan) dan hisab (perhitungan astronomi). Dimana masing-masing memiliki kriteria yang berbeda dalam penentuan 1 Ramadhan/1 Syawal, rukyatul hilal ketika bulan sudah terlihat oleh mata (ketinggian 2 derajat) sedangkan hisab ketika bulan itu sudah muncul walaupun tidak nampak oleh mata (dibawah 2 derajat).

Satu hal lagi yang biasa dijadikan acuan oleh beberapa kalangan umat islam, yakni interpretasi terhadap perintah ALLAH SWT dan RASULULLAH SAW. Satu menyebut berlaku global, yang lain berdalihkan lokal sesuai kejadian. Yang berpendapat global meyakini bahwa dimanapun terlihat bulan, maka negara lain di belahan dunia ini harus mulai/berhenti berpuasa, sedangkan pendapat yang lain menyatakan bahwa pada jaman Rasul tidak mungkin menyampaikan kabar ke belahan dunia lain dalam waktu singkat sehingga kejadian di sekitarlah yang berlaku.

Adanya anggapan bahwa perbedaan ini tidak usah dipermasalahkan, memang akan mengurangi friksi yang mungkin terjadi diantara umat islam. Akan tetapi tidak demikian ketika dihubungkan dengan ilmu fiqh, dimana dinyatakan bahwa 1 Syawal merupakan hari tasrik. Hari tasrik adalah hari-hari dimana umat islam diharamkan untuk berpuasa.

Lalu bagaimana kita menyikapi hal ini. Menurut saya, hati merupakan suara kebenaran yang berasal dari ALLAH SWT. Akan tetapi dengan akal yang merupakan anugrahNYA, maka tidak selayaknya umat islam menerima begitu saja informasi yang didapat. Perlu dilakukan cross-check dan pengetahuan terhadap latar belakang penyampai informasi itu sangat penting. Dimana syarat orang yang melihat bulan (hilal) haruslah dapat dipercaya, dan tahu tentang ilmu, baik itu agama maupun ilmu lain yang terkait.

Wallahualam bishowab

Advertisements