Tags

, , , ,


Ya, ungkapan itu memang betul adanya. Dikabarkan telah terjadi saling semprot air berkekuatan tinggi antara kapal penjaga pantai Jepang dan Taiwan. Kejadian ini rupanya merupakan buntut dari sengketa wilayah perbatasan, dimana terjadi saling klaim terhadap kepulauan Senkaku atau Daioyu.

 

Kejadian ini dibenarkan oleh kedua belah pihak dan sepertinya masing-masing armada mendapat dukungan daripemimpinnya. Hal ini dapat dibenarkan karena bagaimanapun batas wilayah suatu negara menentukan kedaulatan negara itu sendiri. Akan tetapi, tentunya setelah dilakukan perundingan melalui jalur diplomasi.

Ingatan penulis kembali pada sengketa wilayah antara Indonesia dan Malaysia yang belum juga selesai. Perang di perairan juga hampir terjadi di batas wilayah yang disengketakan. Malaysia dengan beraninya memasuki wilayah perairan sementara patroli Indonesia baru melakukan aksinya setelah ada perintah.

Negara kepulauan dengan wilayah laut yang dominan sudah seharusnya memiliki kedaulatan atas wilayahnya. Kejelasan batas teritorial merupakan hak mutlak negara tersebut untuk mencegah terjadinya bentrok dengan wilayah sekitarnya. Perang air yang terjadi antara kapal patroli Jepang dan Taiwan merupakan aksi pembelaan kedaulatan negara masing-masing.

Advertisements